Lingkungan yang Kurang Sehat dan Stres Dapat Tingkatkan Risiko Diabetes

Praktisi kesehatan Sonia Wibisono mengatakan bahwa stres, termasuk yang disebabkan oleh faktor lingkungan dan kehidupan yang tidak sehat, bisa menjadi salah satu pemicu diabetes. Alasannya, menurut Sonia, ketika seseorang stres, kelenjar pituitari di otak menurunkan produksi hormon serotonergik.

"Serotonin adalah hormon yang sangat kompleks dengan banyak tugas, seperti mengatur mood, mempengaruhi sekresi insulin dari pankreas dan lainnya," katanya dalam talkshow fase dan siklus menstruasi dan seminar kesehatan berjudul "Menghindari diabetes dengan hidup tanpa stres" di Paviliun Podomoro, Bandung, 29 Januari 2018.

"Saat stres, produksi serotonin menurun, kemampuannya untuk meningkatkan produksi insulin berkurang, yang berakibat pada hormon insulin yang minimal," katanya.

Sonia mengatakan bahwa insulin adalah hormon yang diproduksi oleh pankreas untuk mengatur atau mengurangi kadar glukosa darah dengan membantu glukosa memasuki sel yang membutuhkan glukosa untuk hidup. "Singkatnya, insulin menstabilkan tingkat gula darah seseorang Kapan, ketika stres, hormon serotonergik diproduksi dalam jumlah kecil, insulin menurun secara otomatis dan ini mengurangi kemampuan menetralkan gula darah. Karena kekurangan insulin dalam suplai darah, glukosa darah akan tetap berada di aliran darah tanpa bisa masuk ke dinding sel, maka akan terjadi peningkatan gula darah, "katanya.

Menurutnya, cara menghindari stres selalu berpikir positif dan tulus dan melakukan aktivitas seru seperti olahraga, hobi, pacaran dengan teman dan melakukan aktivitas yang dekat dengan alam.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Geisinger Health System di Danville, Pennsylvania, Amerika Serikat, menyatakan bahwa lingkungan memiliki dampak yang besar pada penderita diabetes.

Sebuah survei yang melibatkan 15.308 pasien diabetes yang disurvei mengatakan bahwa cara melancarkan haid mereka yang tinggal di lingkungan yang tidak sehat memicu perkembangan diabetes memburuk.

Hasil survei yang dipublikasikan awal tahun ini untuk meneliti sejauh mana dampak residensi terhadap penyakit yang diderita.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mencegah Terjadinya Gigi Berlubang

Resiko Pemasangan Behel yang Sembarangan